1.
VISI SD
TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING :
“ CERDAS BERKARAKTER SHOLEH “
Terwujudnya peserta
didik yang cerdas, berkarakter dan Sholeh baik secara individual
maupun sosial.
Uraian VISI (3C-4K-5S) :
a)
Cerdas Secara
Intelektual dalam prestasi Akademik.
b)
Cerdas Secara Emosional
dalam berperilaku
c)
Cerdas Secara Spiritual dalam motivasi dan
aktivitas.
d)
Berkarakter
Kemandirian
e)
Berkarakter Percaya
diri,disiplin dan jujur
f)
Berkarakter Peka
dan Tangungjawab
g)
Berkarakter
Teliti dan Sabar
h)
Sholeh
Ritual : Dasar Tauhid kokoh berpola Ikhsan
i)
Sholeh
Ritual : Disiplin dalam beribadah
j)
Sholeh Sosial
Berakhlaq mulia, toleran
k)
Sholeh Sosial
: Sahaja, sopan santun
l)
Sholeh Personal :
Ikhlas dan sabar
Indikator Visi :
a)
Unggul dalam pencapaian
target daya serap kurikulum
b)
Unggul dalam lomba
akademik maupun non akademik.
c)
Unggul dalam
membaca tulis Alqur’an
d)
Unggul dalam
kedisiplinan beribadah
e)
Unggul dalam kesiapan
kecakapan hidup.
f)
unggul dalam
kegiatan seni , Olahraga dan ketrampilan.
g)
Unggul dalam
pembentukan watak dan sikap kepribadian tercermin dalam prilaku keseharian.
h)
Mampu menjadi rujukan
bagi standar layanan pendidikan dasar.
2.
MISI SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING
”Belajar Enjoy Sepanjang Hayat”
Rincian Misi :
a)
Menanamkan kesadaran
prinsip hidup Belajar Sepanjang Hayat.
b)
Mengembangkan
model pembelajaran yang ENJOY ( Efektif, Nyaman, Jelas, Obyektif
dan Islamy )
c)
Memantik
potensi dasar siswa secara Multi kecerdasan.
d)
Menumbuhkan
wawasan patriotisme kebangsaan
e)
Mengembangkan
pola kehidupan yang menjunjung tinggi Nilai Islamiyah, Budaya Lokal yang baik
serta nasionalisme.
f)
Mengembangkan
potensi masyarakat Peduli Pendidikan
g)
Mengembangkan tata
lingkungan yang mendukung proses pendidikan
3.
TUJUAN SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING
a)
Meningkatkan target /daya
serap kurikulum dari 100/67 % menjadi 100/70%
b)
Meningkatkan potensi
lomba akademik dari 65% menjadi 70% per tahun
c)
Meningkatkan kedisiplinan
guru/siswa dari 70% menjadi 80%
d)
Meningkatkan
kualitas/kuantitas agamis dari 60% menjadi 75 %
e)
Meningkatkan minat baca
guru/siswa dari 50% menjadi 75%
f)
Meningkatkan
kualitas/kuantitas ekstrakurikuler dari 40% menjadi 60%
g)
Meningkatkan kemampuan
profesional guru dari 60% menjadi 75%
h)
Meningkatkan
pemeliharaan/pembangunan ruang kelas dari 70%menjadi80%
i)
Menyediakan sarana ibadah
dari 75% menjadi 80% representatif/fungsional.
j)
Pembelajaran Bahasa Inggris,
Bahasa Jawa, Bahasa Arab mulai kelas III dari 50% menjadi 60%
k)
Meningkatkan sarana dan
kegiatan kesenian grup hadrah, musik, drumband 50 % menjadi 70%
l)
Memberikan pendidikan
kepramukaan dari 75% menjadi 90%
m)
Memberikan pendidikan ketrampilan
hidup (English for Kids) dari 40% ke 50%
n)
Menciptakan lingkungan 7
K dari 50% menjadi 75%
o)
Melaksanakan hari idola
siswa Sabtu Dongeng
p)
Meningkatkan jaringan
komunikasi melalui internet dari 10% menjadi 15%
4.
TARGET SD TERPADU MAARIF GUNUNGPRING TAHUN
2013/2014
I.
Target Prestasi Akademis
a) Meningkatkan
daya serap kurikulum dari 67 % menjadi 70 %
b) Meningkatkan
prestasi lomba akademik ditingkat kecamatan 3 besar.
c) Berprestasi
pada Lomba Mapel / Olimpiade Tingkat Kabupaten
d) Berprestasi
Lomba Matematika PASIAD tingkat nasional
e) Meningkatkan
daya serap dan prestasi CALISTUNG
II.
Target Prestasi Non Akademik
a) Meningkatnya
prestasi Hadrah di tingkat Kabupaten.
b) Prestasi Pramuka
3 besar di tingkat Kabupaten .
c) Prestasi
Olahraga 3 besar kecamatan.
d) Prestasi
Pencak silat masuk tingkat Propinsi
III.
Keunggulan
Proses pembelajaran
a) Meningkatkan
kedisiplinan guru/ siswa dari 78% menjadi 83 %
b) Meningkatkan
kuantitas kegiatan agamis pembiasaan sholat Dhuha.
c) Meningkatkan
kuantitas/kualitas ektrakurikuler umumnya dan drum band pada khususnya.
d) Memberikan
pendidikan ketrampilan hidup ( English For Tourism )
e) Mengefektifkan
pembelajaran BTQ dengan metode Yanbu’a di kls I
f) Meningkatkan
proses pembelajaran dinniyah.
IV.
Pembiasaan
Visi misi
a) Meningkatkan
minat baca guru/ siswa sampai 75%
b) Meningkatkan
kemampuan professional guru dari 60 % menjadi 75 %
c) Peningkatan
pembiasaan senyum sapa salam sopan santun keseharian.
d) Menciptakan
lingkungan sekolah yang terdidik, dinamis, agamis, aman, nyaman, indah, rapi
penuh dinamika ilmiah
e) Peningkatan
disiplin guru dengan datang terlebih dahulu dan menyambut kedatangan siswa
f) Peningkatan
apel pagi setiap hari dengan membaca “Asmaul husna” oleh siswa dan guru
g) Mewajibkan
siswa kelas VI untuk sholat dhuha setiap hari dan himbauan bagi siswa kelas IV
dan V
h) Mengefektifkan
Kegiatan Sabtu Pagi yang meliputi : Senam Pagi, Dongeng oleh siswa, dan Sabtu
bersih.
i)
Pembelajaran bahasa Jawa, bahasa Inggris, arab
mulai kelas III